Monday, March 21, 2011

Bintang laut sebagai obat baru untuk peradangan

Nama : Valdis Reinaldo Agnar
NPM : 260110080081

Bintang laut sebagai obat baru untuk peradangan

Salah satu bahan alam bahari yang berasal dari hewan baru -baru ini telah ditemukan sebagai bahan pengobatan. Hewan tersebut salah satunya adalah bintang laut. Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum echinodermata dan kelas asteroida. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan.

Bintang laut berduri dapat ditemukan di pantai barat Skotlandia. Bintang laut hidup di laut, dan mandi dalam larutan bakteri, larva, virus dan segala macam hal yang menjadi tempat tinggal. Tapi bintang laut lebih baik daripada Teflon: mereka memiliki permukaan anti-fouling yang sangat efisien yang mencegah hal-hal dari lengket.

Berdasarkan studi terbaru dari ilmuwan kelautan menunjukkan bahwa bintang laut bisa menjadi obat untuk penderita asma dan radang sendi. Sebuah tim peneliti dari Scottish Association for Marine Science telah mempelajari substansi atau bahan berlendir yang melapisi tubuh bintang laut berduri.

Peneliti menemukan bahwa bahan licin pada bintang laut lebih baik dari Teflon untuk menghentikan puing-puing menempel pada tubuh bintang laut, sehingga bisa menjaga kebersihannya. Sehingga peneliti percaya bahwa bahan tidak lengket ini dapat dijadikan senjata baru yang penting untuk mengobati penyakit inflamasi atau peradangan seperti asma dan radang sendi.



Penyakit peradangan seperti asma dan radang sendi merupakan kondisi yang terjadi ketika respon alami tubuh terhadap infeksi dipercepat diluar kendali. Peradangan adalah respon alami tubuh terhadap cedera atau infeksi, tetapi kondisi peradangan disebabkan ketika sistem kekebalan tubuh mulai tak terkendali.

Sel darah putih, yang biasanya mengalir dengan mudah melalui pembuluh darah kita, mulai membangun dan menempel pada dinding pembuluh darah, Hal ini membuat sel darah putih (leukosit) yang bertugas memerangi infeksi mulai menumpuk di pembuluh darah dan menempel pada sisi-sisinya, sehingga dapat menyebabkan kerusakan jaringan.

Salah satu peneliti menunjukkan bagaimana lendir bintang laut tersebut yang berfungsi untuk mencegah menempelnya sesuatu pada tubuh bintang laut tersebut dapat dijadikan bahan untuk pengobatan.

Idenya adalah bahwa pengobatan berdasarkan lendir bintang laut dapat secara efektif menjadi mantel pembuluh darah kita dengan cara yang sama meliputi makhluk laut, dan mencegah masalah ini. Jadi dari lendir bintang laut tersebut dapat dipelajari sesuatu dari bagaimana bintang laut mencegah hal ini sehingga dapat ditemukan cara untuk mencegah hal ini pada manusia.

1 comments:

Manfaat laut said...

wah baru tau kalau bintang laut juga memiliki manfaat untuk obat-obatan

Post a Comment

 
Powered by Blogger